Kelebihan dan Kekurangan Honda Tiger (berdasarkan pengalaman pribadi)

Tiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan Sang Macan, setelah 4 tahun setia menemani gw, akhirnya gw menarik kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan berdasarkan pengalaman (sudah banyak yang mengupas artikel tentang ini namun gw tulis berdasarkan pengalaman pribadi), dimulai dari kekurangannya :

  1. Agak susah distarter di pagi hari (padahal Jupiter-Z 2009 kakak gw hanya sekali Start), Rajin servis, ganti oli (Oli Pertamina Enduro Racing), ganti pilot jet yang lebih besar, tapi hasilnya sama tetap susah Start di pagi hari.
  2. Leher Angsa (Manifold) rawan patah (material dari karet, lama-lama juga karetnya getas n patah)
  3. Teknologi jadul, masih karbu, pendingin udara, tanpa oil cooler, rangka sama dengan motor jaman 70an.
  4. Rantai berisik (penyakit yang paling melegenda). Dari jauh aja udah ketahuan nich motor dari bunyi rantainya. Solusinya gw ganti gir set Merk Sinnob (ada yang sarankan pake punya NMP Plug n Play di Tiger Revo, namun motor gw udah pake Monoshock so buritan nungging n rantai bisa gesek ARM kalu pake gir belakang yang diameternya lebih kecil dari standar).
  5. Tangki tipis n air rawan masuk lewat tutup tangki.
  6. Part aksesori jarang dibanding V-ixion n Byson (apalagi pasca discontinue).
  7. As Gear pendek, so ban belakang maksimal pake ukuran 120/70 (pake 130/70 kena gesek rantai, 140/70 harus miringkan setelan rantai) untuk mengaplikasikan ban tapak diatas 130/70 harus pake spacer gear (beda dengan Scorpio yang muat sampai 150/70).
  8. Diameter tabung Shockbreaker depan kecil banget (klu gak salah 31 mm) dibanding V-ixion (33 mm) apalagi Byson (41 mm).
    Jarak Tabung shock depan kiri n kanan mepet banget (muat lebar ban maksimal 110/70, padahal gw mau pasang yang lebih gede), solusinya ngumpulin dana untuk ganti Upside Down (gw malas bubut komstir n segitiga asli).
  9. Power kecil (powernya beda tipis dengan yang 150 cc).
  10. Footstep belakang jadul (kayak motor bebek aja)
  11. Aki standar hanya 7 ampere (Thunder 125 aja 10 A)
  12. Ban standar terlihat cungkring + velg 18” (Byson yang 150 cc aja bannya lumayan gede)
  13. Sein gampang oblak (penyakit semua motor laki)

Kelebihan Honda Tiger :

  1. Mesin bandel (udah teruji dengan basic mesin GL) dengan torsi yang lumayan gede.
  2. Posisi mengendara yang nyaman untuk jalan jauh dan jarak menegah.
  3. Gak boros2 amat untuk ukuran 200 cc.
  4. Mesin dari basis GL, gak pusing nyari bengkel yang bisa nanganin (di daerah gw bengkel bagus n pengalaman nyarinya susah lho).
  5. Jarak sumbu roda yang lumayan panjang sehingga dimodif model streetfigter sampai full fairing kelihatan gagah (beda dengan Mega Pro, yang jadi aneh kalu modif full fairing karena arm yang pendek jadinya ban belakang kelihatan tenggelam n terlalu dekat dengan as tengah)
  6. Kesannya orang awam lihat nich Macan, motor mahal, mewah, gagah, n berkelas (jangan dibandingkan dengan Ninin 250, n R25 beda kelas bro).
  7. Desain dan garis bodi yang menyatu dari depan sampai belakang (hanya opini pribadi, soal desain itu selera masing-masing)
  8. Meski berisik gir n rantainya (gak ada sambungan) sangat awet n gak meragukan pake touring.

Last, ada yang mau tambahkan????

Iklan

3 pemikiran pada “Kelebihan dan Kekurangan Honda Tiger (berdasarkan pengalaman pribadi)

  1. Klo macan ane penyskitnya
    1 pada spull pengapian tapi setelah muter2 nanya sana sini akirnya ketemulah solusi dengan ganti cdi shogun kebo
    2 nah yang satu ini belum ketemu solusinya macan ane stasionernya g bisa stabil alias klo mesin dingin stasioner bagus tapi setelah 5menit jadi gede sendiri tolong kasih solusi gan trima kasih……

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s