Penutupan Pameran Batu Akik dan Batu Mulia Wasior

Pameran batu akik dan batu mulia yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Sulawesi Selatan (IKSS) di Kab. Teluk Wondama yang mulai digelar dari tanggal 01 Juli 2015 resmi ditutup hari jumat malam, 10 Juli 2015.

IMG_5797 IMG_5791 IMG_5782

Hari terakhir pameran tersebut berlangsung cukup meriah dikarenakan sandarnya KM. Ngapulu (dari Nabire tujuan Manokwari) di dermaga Kuri Pasai pada siang hari, dimana dari pantauan HL cukup banyak penumpang transit dan ABK yang turun untuk berburu batu khususnya batu asli Papua. Adapun incaran penggemar dan kolektor batu adalah sejenis batu Cyclop Papua, Badar Emas dan Badar Besi Papua, Bio Solar Papua, dan Batu Mulia Ruby (Namun karena tingginya harga Ruby membuat beberapa penggemar beralih ke batu lain). Bahkan HL yang sempat membeli bongkahan Cyclop Lumut Jayapura seharga 200rb, yang melonjak menjadi 500rb – 1jt dikarenakan diborong untuk oleh-oleh bagi yang mau pulang mudik. Menurut salah satu pengunjung Bpk. Rahman (PELNI Wasior) kalau pameran ini sangat membantu untuk mengangkat batu asli papua agar dapat bersaing dengan batu nusantara lainnya.

IMG_5788 IMG_5786
Acara puncak penutupan tersebut adalah pengumuman pemenang kontes batu (beberapa kategori) dan acara pelelangan batu pemenang yang berlangsung pada malam hari. HL sendiri kurang begitu menyimak kategori apa yang diperlombakan dan siapa-siapa pemenangnya dikarenakan sibuk berburu batu favorit. Adapun info yang HL dapat simak pada pengumuman tersebut adalah :

  1. Kategori Stan terbaik adalah Stan Batu Amanda
  2. Kategori Batu terbaik adalah Batu Ruby dari Ruby Star Wasior
  3. Kategori Batu Nusantara Terbaik adalah Panca warna dari Kab. Raja Ampat
    (maaf HL belum sempat menghubungi panitia untuk informasi yang lebih lengkap)

IMG_5722 (Ket. Foto : Batu Pancawarna Raja Ampat)

Masing-masing juara (1-3) di kategorinya mendapatkan hadiah berupa piagam penghargaan dan sejumlah uang dari panitia ditambah hadiah berupa uang dari Bapak Bupati Teluk Wondama, Bapak Drs. Alberth H. Torey, MM
Rekan HL sendiri Melianus Aury (Pegawai Dishub Kominfo) yang juga mengikutsertakan koleksinya untuk ikut kontes berhasil menggondol juara III untuk kategori Batu Asli Wondama (Kecubung Air). Menurutnya hasil tersebut cukup menggembirakan dan dapat memotivasi pengrajin batu lokal untuk lebih berani berkreasi dengan batu lokal.

IMG_5807 IMG_5812 IMG_5809

(Ket. Foto : Acara Penutupan dan pelelangan)
Acara Pelelangan berlangsung setelah pengumuman pemenang, batu yang dilelang adalah batu pemenang 1-3 kontes. Namun karena kurangnya animo masyarakat untuk menawar batu yang dilelang membuat acara pelelangan tersebut kurang menarik. Meski kurang seru namun pelelangan batu mulia jenis Ruby Wasior berhasil terjual lewat pelelangan yang cukup alot seharga Rp. 27.000.000,- oleh Bapak Bupati Teluk Wondama (Bapak Drs. Alberth H. Torey, MM). Sedangkan juara I kategori kecubung air lokal Wondama berhasil terjual Rp. 1.650.000,-.
Meskipun HL bukan termasuk kategori penggemar atau pecinta batu akik, namun HL gak mau ketinggalan juga ikut meramaikan acara pameran tersebut, adapun batu yang berhasil HL boyong ke rumah adalah :

  1. Bongkahan Badar Besi dan Badar Emas Asli Wondama (Werianggi)
  2. Bongkahan Bio Solar Papua
  3. Bongkahan Cyclop Lumut Jayapura
  4. Bongkahan Badar Emas Hitam
  5. Bongkahan Giok Papua
  6. Bongkahan Sarang Tawon Halmahera Timur
  7. Batu + Cincin Jadi Badar Emas Perak (HL dapat dari Stan Silberstone)
  8. Batu + Cincin jadi Cyclop
  9. Batu + Cincin jadi Bio Solar
  10. Batu + Cincin jadi Badar Besi (dari coraknya kemungkinan Badar Besi Kebumen)

IMG_5820 IMG_5754  IMG_5731 IMG_5843 IMG_5835

(Ket. Foto : Bongkahan dan Batu Jadi Hasil Perburuan HL)

Akhirnya acara resmi ditutup oleh bapak Bupati Teluk Wondama sekitar pukul 00.30 WIT. Meski berlangsung sederhana acara pameran tersebut membawa dampak positif bagi warga Kota Wasior, dimana dapat memenuhi dahaga para penggemar batu yang berdomisili di Wasior, meningkatnya penghasilan pengrajin batu, dan menghadirkan hiburan untuk masyarakat khususnya malam hari. Semoga kedepannya batu akik dan batu mulia asal Papua dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.

IMG_5718 IMG_5745 IMG_5744 IMG_5742

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s